Sistem pakar
Apakah ada yang tau sistem pakar ?Ataukan anda sudah membuatnya disini saya akan menjelaskan tentang sistem pakar,Saya kasih tau.....
Pakar=ahli
sistem = kumpulan prosedur atau kumpulan dari berbagai hal untuk suatu
tujuan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer,
agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa
dilakukan para ahli.
konsep sistem pakar Sistem pakar(SP) diciptakan tidak untuk menggantikan kedudukan seorang pakar sp mulai di kembangkan pertama kali tahun 1960 an sebuah sistem pakar adalah sebuah sistem untuk mentrasfer kepakaran yang dimiliki seseorang pakar kedalam komputer
Mengapa kita menggunakan sistem pakar
- pakar di suatu prusahaan atau istalasi bisa
pensiun,keluar atau telah meninggal dunia - pengetahuan perlu di dokumantasikan atau di analisis
- sistem pakar dapat menyediakan kepakaran setaip waktu
dan di berbagai lokasi - seorang pakar mahal dan langka efisiensi kerja
- efisiensi kerja dan waktu
ciri ciri sistem pakar
- memiliki fasilitas indormasi yang handal
- mudah di modifikasi
- dapat di gunakan dalam berbagai jenis komputer
- memiliki kemampuan untuk belajar beradaptasi.
- bekarjasama secara sisttematis berdasarkan
pengetahuan fan mekanisme tertentu. - pengambilan keputusan berdasarkan kaidah-kaidah
tertentu dan dapat merespons masukan user (melalui kontak dialog).
keuntungan sistem pakar
- Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli
- menyederhanakan pekarjaan dan meningkatnya efisiensi kerja
- bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis
- menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar
- meningkatkan kualitas
- mampu mengambil dan melestarikan keahlian para pakar
- mampu beroprasi dalam lingkungan berbahaya
Kelemahan sistem pakar
- biaya yang di perlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal
- sulit di kembangkan
- sistem pakar tidak 100% bernilai benar.
struktur dasar sistem pakar
base terdiri dari fakta yang menggambarkan areaproblem atau problem domain dan juga teknik penyajian yang mengunakan fakta sesai logika.rule atau aturan merupakan rincian
dalam situasi yang tidak berubah :
- kondisi benar dan tidak benar
- tindakan yang diambil bila kondisi benar
workplace/blackboard
Workplace merupakan area dari sekmpulan memori kerja
(working memory),digunakan untuk merekam kejadian yang sedang
berlangsung termasuk keputusan sementara.
oke sampai sini dulu ya vroh pengetahuan tentang sistem pakar nya semoga bermanfaat dan sampai bertemu di posting selanjutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar