Kamis, 07 September 2017

13 MANFAAT BUAH KAKAO BAGI KESEHATAN

Buah coklat terkenal dengan olahannya sebagai buah penghasil coklat. Siapa sangka jika buahnya pun mengandung gizi yang baik untuk kesehatan. Buah ini ukurannya cukup besar dengan bentuk yang lonjong dan tekstur kulit buahnya kasar. Nama lain dari buah coklat adalah buah kokoa. Buah ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, namun pengolahannya menjadi coklat banyak dilakukan di negara-negara Eropa dan negara barat lainnya.

Buah coklat memiliki cukup banyak kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Apa saja kandungan buah ini? Diantaranya yaitu vitamin E, vitamin D, vitamin C, vitamin B2, vitamin B1, dan juga vitamin A. Selain itu, buah ini juga mengandung mineral, fosfor, tembaga, zinc, zat besi, dan magnesium. Dengan semua kandungan tersebut, buah coklat bisa dikategorikan sebagai buah yang menyehatkan.

1.Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Flavonoid kaya kakao bantu dalam menurunkan tekanan darah dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah. Penelitian yang dilakukan pada subjek ini telah menunjukkan perubahan positif pada tekanan darah sistolik dan diastolik sebagai konsekuensi mengkonsumsi produk berbasis kakao dan bukan teh hitam dan hijau. Perubahan yang menguntungkan ini disebabkan oleh adanya antioksidan pada kakao yang merangsang produksi oksida nitrat, yang membantu menjaga agar pembuluh darah tetap rileks. Selanjutnya, ini membantu dalam menjaga sistem peredaran darah yang sehat.

2.Kapasitas Antioksidan

Studi penelitian komparatif telah membuktikan bahwa kakao menunjukkan aktivitas antioksidan yang lebih tinggi daripada melawan teh hitam, teh hijau, dan anggur merah. Antioksidan membantu menetralisir radikal bebas berbasis oksigen yang ada di dalam tubuh. Selain itu, ia berlimpah dalam fitokimia fenolat dan memiliki flavonoid dalam jumlah tinggi juga.

3.Meningkatkan Kesehatan Otak

Para ilmuwan telah menyarankan bahwa kakao kaya flavonol dapat memberikan efek menguntungkan untuk menjaga kesehatan otak. Manfaat neuroprotektif ini juga dapat memberi efek yang menguntungkan pada fungsi belajar dan memori. Temuan ini telah menganjurkan bahwa konsumsi produk berbasis kakao meningkatkan aliran darah ke otak dan mereka telah memberikan bukti potensi terapeutik untuk menyembuhkan gangguan vaskular.

4.Menyeimbangkan Tingkat Kolesterol

Sebuah studi penelitian investigasi telah menunjukkan bahwa coklat memiliki efek hipoglikemik dan hipokolesterolemia pada kadar glukosa dan kolesterol masing-masing. Diet yang mengandungnya juga menunjukkan penurunan trigliserida, kadar kolesterol LDL, dan kadar glukosa. Ini juga menunjukkan peningkatan yang patut dicatat dalam kadar kolesterol HDL yang sehat pada subjek tes.

5.Mengobati Diabetes

Konsumsi kakao terbukti efektif dalam meningkatkan resistensi insulin dan metabolisme glukosa. Hal ini, pada gilirannya, membantu mengatur kadar gula dalam tubuh. Proantosianidin yang berasal darinya membantu menghambat pembentukan katarak sesekali diinduksi diabetes. Sebuah penelitian investigasi telah mengkonfirmasi bahwa ia menggunakan aktivitas antioksidan pelindung dalam pengobatan komplikasi diabetes jangka panjang seperti nefrotoksisitas diabetes. Nefrotoksisitas memainkan peran kunci dalam diabetes mellitus dan ini adalah penyebab utama penyakit ginjal berat. Radikal bebas memperparah komplikasi diabetes ini dengan meningkatkan stres oksidatif, yang menyebabkan kerusakan sel dan jaringan. Aktivitas pembilasan radikal bebas dari kakao telah menunjukkan efek terapeutik dalam mengobati dan mencegah kerusakan sel semacam ini. Temuan penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi kakao kaya flavonol telah menunjukkan potensi terapeutik dalam memperbaiki fungsi vaskular penderita diabetes pada berbagai pengobatan.

6.Meredakan Asma Bronkial

Biji kakao mengandung xanthine dan theophylline, yang membantu meredakan kejang bronkial dan membuka tabung bronkus yang terbatas. Ini memudahkan aliran udara yang mudah dan sangat berharga dalam menyembuhkan berbagai alergi, termasuk asma dan sesak napas. Konsumsinya, oleh karena itu, membantu dalam memberikan bantuan dari asma bronkial

7.Mempercepat penyembuhan

Ekstrak kakao telah dipercaya untuk penyembuhan terapeutik dan penyembuhan luka mereka dalam pembuatan produk obat alami. Ekstrak membantu mencegah perkembangan berbagai jenis infeksi dalam tubuh. Seiring dengan pengobatan yang tepat, juga telah dianggap membantu dalam membasmi bakteri Helicobacter pylori dari tubuh

8.Mengelola Obesitas

Sebuah penelitian telah menunjukkan manfaat potensial dari kakao dalam mencegah diet tinggi lemak yang disebabkan obesitas. Asupannya membantu dalam memodulasi metabolisme lipid dan mengurangi sintesis dan pengangkutan asam lemak. Ini juga menunjukkan perbaikan pada thermogenesis, mekanisme produksi panas pada jaringan adiposa putih dan hati.

9.Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Studi telah menunjukkan bahwa kakao memberi efek menguntungkan pada kesehatan kardiovaskular juga. Ini kaya akan flavonoid yaitu, procyanidin, catechin, dan epicatechin, yang memiliki sifat antioksidan dan membantu melindungi sel dari kerusakan sekaligus memperkuat jantung. Ini juga membantu memperbaiki fungsi endotel dan merangsang kolesterol HDL yang bermanfaat. Ini membantu mencegah pembentukan bekuan darah fatal, yang bisa menyebabkan stroke atau gagal jantung. Trombosit darah berperan penting dalam gangguan kardiovaskular. Flavonoid yang ada di kakao memiliki efek pengikatan anti-platelet dan memodulasi hemostasis primer, yang merupakan ukuran darah waktu yang dibutuhkan untuk menggumpal. Semua efek kesehatan ini membantu mencegah proliferasi berbagai kondisi medis seperti aterosklerosis dan trombosis, yang merupakan beberapa penyebab utama penyakit kardiovaskular yang lebih serius.

10.Meningkatkan Mood

Mengkonsumsi kakao telah menunjukkan efek seperti antidepresan pada proses fisiologis tertentu. Penelitian telah menunjukkan bahwa flavonol kakao membantu meningkatkan mood, mengatasi depresi, dan meningkatkan aktivitas kognitif selama aktivitas mental yang terus-menerus. Kehadiran phenylethylamine neurokimia di dalamnya juga membantu dalam meningkatkan perasaan puas dan meningkatkan efek afrodisiak.

11.Mengobati Konstipasi

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi sekam kakao memberikan efek terapeutik dalam mengobati konstipasi kronis dan penyakit fungsi usus. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan pada pasien anak-anak, konsumsi produk kakao yang kaya serat menghasilkan waktu transit kolon, rectal dan intestinal yang lebih cepat. Studi lain juga menganjurkan bahwa konsumsi reguler produk kakao telah terbukti mendorong fungsi usus lebih baik dengan mengurangi waktu untuk buang air besar, meningkatkan frekuensi buang air besar, dan membuat konsistensi tinja yang lebih lembut tanpa menimbulkan efek samping lainnya seperti ketidaknyamanan gastrointestinal. atau perut

12.Mencegah Kanker

Kakao telah menunjukkan efek menguntungkan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa mempengaruhi pertumbuhan sel sehat normal. Studi telah memberikan bukti mengenai kualitas kemopreventif dan anti-proliferatif yang diberikan oleh flavonol dan procyanidins yang ada pada kakao. Efek penyembuhan ini terbukti sangat berharga dalam pengobatan berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker prostat.

13.Mengobati Defisiensi Tembaga

Kakao memperpanjang manfaatnya untuk mengobati defisiensi tembaga pada pasien nutrisi enteral jangka panjang. Studi penelitian telah mengungkapkan bahwa kakao cukup berharga dalam terapi substitusi tembaga, dan telah menghasilkan peningkatan yang signifikan pada tingkat hemoglobin, jumlah leukosit, dan kandungan tembaga pada pasien tersebut. Menurut temuan tersebut, kakao dianggap berharga sebagai komponen kaya tembaga untuk dimasukkan dalam makanan untuk mempertahankan kadar tembaga normal serta merupakan obat untuk mengatasi kekurangan tembaga dalam kondisi seperti itu. Ini membantu dalam mencegah dan mengobati penyakit akibat defisiensi tembaga dalam tubuh seperti anemia, neutropenia dan leukopenia

Mungkin sampai sini saja penjelasan mengenai manfaat buah kakao bagi kesehatan semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan sekian dari saya,sampai jumpa di postingan berikutnya

sampai jumpa sampai bertemu di postingan berikutnya
  • Manfaat buah cherry bagi kesehatan
  • Manfaat buah markisa bagi kesehatan
  • 1 komentar:

    1. terimakasih atas informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://idblackwalet.com/sabun-muka-untuk-kulit-sensitif-berjerawat/

      BalasHapus