Rabu, 02 November 2016

SEKAMPUNG LAMPUNG TIMUR

SELAMAT DATANG DI SEKAMPUNG

Sekampung lampung timur adalah suatu kecamatan yang berada di provinsi Lampung kabupaten Lampung timur.luas kecamatan sekampung 17.732.34 KM.sedikit mengulas Tentang sekampung Kecamatan Sekampung sebelunya adalah masuk wilayah Kabupaten Metro, namun setelah ada pemekaran Kecamatan sekampung masuk wilayah Kabupaten Sukadana, Lampung Timur.Pada zaman pemerintahan Jepang nama Sonco (caniat).

Pada zaman pelaksanaan kolonisasi selain Metro juga terbentuk onder distrik yaitu Pekalongan, Batanghari, Sekampung dan Trimurjo.Kelima onder distrik ini mendapat rencana pengairan teknis yang bersumber dari Way sekampung yang pelaksanaannya dilaksanakan oleh para kolonisasi-kolonisasi yang sudah bermukim di bedeng-bedeng dimulai dari Bedeng 1 bertempat di Trimurjo dan Bedeng 67 di Sekampung, yang kemudian nama bedeng tersebut diberi nama, contohnya Bedeng 21, Yosodadi. Istilah bedeng-bedeng itu masih dijumpai sampai sekarang. Jika dateng ke kota ini lebih mudah menemukan daerah dengan istilah angka-angka/bedeng. Misal di Trimurjo ada bedeng1, 2, 3, 4, 5, 6c, 6 polos, 6b, 6d, 7a, 7c, 8, 10, 11a, 11b, 11c, 12a, 12b, 12c, 13 dst sampai 67 di Sekampung (sekarang masuk Lampung Timur).

Bedeng yang termasuk kota Metroyaitu 14-1 (Ganjar Agung), 14-2, 15, 16a, 16c, dst. Di Kota Metro lebih mudah menemukandaerah dengan sebutan 16c dibanding Mulyo jati. sekampung memiliki 17 desa

  1. Giriklopomulyo
  2. Girikarto
  3. Hargomulyo
  4. Jadimulyo
  5. Karya Mukti
  6. Mekar Mukti
  7. Mekar Mulya/Mulyo
  8. Mekar Sari
  9. Sambikarto
  10. Sidodadi
  11. Sidomukti
  12. Sidomulyo
  13. Suko Harjo
  14. Sumber Gede
  15. Sumbersari
  16. Trimulyo
  17. Wonokarto

masyarakat atar desa tersebut hidup rukun dan damai ,penghasilan masyarakat kecamatan sekampung rata-rata bergerak di sektor pertanian dan perkebunan,hasil bumi berupa padi,kakao,bengkoang,durian. di kecamatan sekampung mayoritas adalah trasmigran dari berbagai wilayah indonesia misalnya sunda,padang,medan,jawa .justru penduduk asli pribumi lampung sangat sedikit di kecamatan ini.

ada kisah menyedihkan di kecamatan sekampung ini,namun sebenarnya bukan dari kecamatan> itu sendiri melaikan dari kabupaten nya kenapa,bukan karna keamanan nya bukan pula kesuburannya melainkan ada hambatan akses jalannya yang kurang baik .sesungguhnya sudah banyak teguran yang disampaikan namun sampai saat ini blum ada buktinyata tentang akses trasportasi di wilayah sekampung ini khusus nya di desa sidodadi atau disebut bedeng 53.sebenarnya sudah banyak banyak korban kecelakaan di karenakan jalann yang rusak namun sayangnya belum ada tanggapan.ini saja pengetahuan saya tentang kecamatan sekampung ,sampai bertemu di post berikutnya

0 komentar:

Posting Komentar