Jumat, 01 September 2017

MANFAAT TIMUN BAGI KESEHATAN

selamat datang selamat membaca

Timun atau mentimun merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari jenis labu-labuan, tanaman buah timun hanya dapat hidup sekali. Tanaman ini akan mati setelah buahnya di panen, sehingga para petani mesti menanamnya kembali dari awal. Buah timun ini memiliki aroma yang sangat menyegarkan, maka tak heran jika buah ini banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman es campur atau sop buah. Selain rasanya yang dapat menyegarkan, buah ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Lalu, manfaat apa saja yang dapat dirasakan dari buah timun? Ternyata timun tidak hanya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, tetapi juga sangat berkhasiat untuk dijadikan untuk kecantikan.

Mentimun yang rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium ini juga sumber yang baik dari vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan magnesium. Sementara itu juga tinggi kalium, folat, karbohidrat, seng, Vitamin C dan Vitamin K. Semua nutrisi ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan dapat mengobati penyakit dan meningkatkan proses dalam tubuh.

1.Lindungi Otak Anda

Ketimun mengandung flavonol anti-inflamasi yang disebut fisetin yang tampaknya memainkan peran penting dalam kesehatan otak. Selain memperbaiki ingatan Anda dan melindungi sel saraf Anda dari penurunan usia, 1 fisetin telah ditemukan untuk mencegah memori progresif dan gangguan belajar pada tikus dengan penyakit Alzheimer.

2.Kurangi Resiko Kanker Anda

Ketimun mengandung polifenol yang disebut lignans (pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol), yang dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara, rahim, ovarium, dan prostat.Mereka juga mengandung fitonutrien yang disebut cucurbitacins, yang juga memiliki sifat anti-kanker. Menurut Yayasan George Mateljan

3.Perangi Peradangan

Ketimun dapat membantu untuk "mendinginkan" respon inflamasi di tubuh Anda, dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak timun membantu mengurangi peradangan yang tidak diinginkan, sebagian dengan menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi (termasuk siklooksigenase 2, atau COX-2)

4.Sifat antioksidan

Ketimun mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C dan beta karoten yang terkenal. Mereka juga mengandung antioksidan flavonoid, seperti quercetin, apigenin, luteolin, dan kaempferol, 6 yang memberikan manfaat tambahan. Misalnya, quercetin adalah antioksidan yang diyakini banyak mencegah pelepasan makanan berkwalitas quercetin histamin "antihistamin alami." Kaempferol, sementara itu, dapat membantu melawan kanker dan menurunkan risiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

5.Freshen Your Breath

Menempatkan irisan ketimun di atap mulut Anda dapat membantu membersihkan mulut Anda dari bakteri penyebab bau. Menurut prinsip Ayurveda, mengonsumsi timun juga bisa membantu mengeluarkan kelebihan panas di perut Anda, yang konon menjadi penyebab utama bau mulut.

6.Mengelola Stres

Ketimun mengandung banyak vitamin B, termasuk vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7 (biotin). Vitamin B diketahui membantu meredakan perasaan cemas dan menyangga beberapa efek stres yang merusak.

7.Dukung Kesehatan Pencernaan Anda

Ketimun kaya akan dua unsur paling dasar yang dibutuhkan untuk pencernaan yang sehat: air dan serat. Menambahkan mentimun ke jus atau salad Anda dapat membantu Anda memenuhi ideal jumlah serat yang dibutuhkan tubuh Anda - 50 gram per 1.000 kalori yang dikonsumsi. Jika Anda berjuang dengan acid reflux, Anda harus tahu bahwa minum air putih dapat membantu menekan gejala akut dari refluks asam dengan menaikkan pH lambung secara sementara; Ada kemungkinan bahwa mentimun kaya air memiliki efek yang sama. Kulit mentimun mengandung serat yang tidak larut, yang membantu menambah curah ke tinja Anda. Ini membantu makanan untuk bergerak melalui saluran pencernaan Anda lebih cepat untuk menghilangkannya dengan baik.

8.Pertahankan Berat Badan Sehat

Ketimun sangat rendah kalori, namun mereka membuat makanan ringan isi (satu cangkir mentimun teriris mengandung hanya 16 kalori) .8 Serat larut dalam mentimun larut menjadi tekstur seperti gel di usus Anda, membantu memperlambat pencernaan Anda. Ini membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama dan merupakan salah satu alasan mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengendalikan berat badan.

9.Dukung Kesehatan Jantung

Ketimun mengandung potasium, yang dikaitkan dengan tingkat tekanan darah rendah. Keseimbangan potasium yang tepat baik di dalam maupun di luar sel Anda sangat penting agar tubuh Anda berfungsi dengan baik. Sebagai elektrolit, kalium adalah ion bermuatan positif yang harus mempertahankan konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi di dalam daripada di luar sel Anda) untuk menjalankan fungsinya, termasuk berinteraksi dengan sodium untuk membantu mengendalikan transmisi impuls saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung

Mungkin itu saja penjelasan mengenai manfaat timun bagi kesehatan semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekian dari saya sampai jumpa di pos ringan berikutnya

sampai jumpa sampai bertemu di postingan berikutnya
  • Manfaat singkong bagi kesehatan
  • Manfaat buah kurma bagi kesehatan
  • 0 komentar:

    Posting Komentar