Senin, 28 Agustus 2017

10 MANFAAT WORTEL BAGI KESEHATAN

selamat datang selamat membaca

Wortel sudah biasa kita kenal sebagai sayuran. Kita biasanya menggunakan wortel sebagai bahan untuk membuat sop atau jenis makanan lainnya. Namun tidak jarang, banyak yang tidak menyukai sayuran berwarna oranye ini. Kebanyakan dari mereka yang tidak menyukai wortel mengatakan jika sayuran ini memiliki rasa yang sedikit aneh di lidah. Padahal si wortel ini memiliki sangat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, serta mampu memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi tubuh kita, apalagi wortel yang masih dalam keadaan mentah. Untuk itu, mari kita cari tahu lebih banyak lagi mengenai wortel khususnya wortel mentah agar kita mengerti apa saja manfaatnya. Wortel memiliki nama ilmiah Daucus Carota yang berasal dari keluarga Apiaceae dan genus Daucus. Wortel termasuk ke dalam jenis sayuran yang berasal dari umbi. Wortel memiliki tekstur yang crunchy dengan rasa sedikit manis. Wortel juga termasuk sayuran yang mendunia karena dapat ditemui di hampir semua negara.

Ada berbagai jenis wortel yang dapat ands temui di berbagai belahan dunia. Sayuran ini juga sangat terkenal sebagai sumber vitamin A yang ssngat tinggi sehingga dianggap sebagai salah satu bahan makanan sehat di dunia. Selain vitamin A-nya, ternyata wortel juga sangat kaya akan kandungan nutrisi lainnya, maka bagi anda yang ingin hidup sehat mulailah mengkonsumsi sayuran yang satu ini.

Nilai gizi wortel per78 gram

Kalori 27 Kalori dari Lemak 1 Total Lemak 0,1 g 0 % Lemak Jenuh 0 g 0 % Lemak tak jenuh ganda 0,1 g Lemak tak jenuh tunggal 0 g Kolesterol 0 mg 0 % Sodium 45 mg 2 % Kalium 183.3 mg 5 % Karbohidrat 6.4 g 2 % Serat 2,3 g 9 % Gula 2,7 g Protein 0,6 g Vitamin A 266 % · Vitamin C 5 % Kalsium 2 % · Zat Besi 1 %

1.Peningkatan Visi

Pemahaman Barat tentang wortel yang 'baik untuk mata' adalah satu dari sedikit yang kita dapatkan dengan benar. Wortel kaya akan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A di hati. Vitamin A berubah di retina, menjadi rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan malam hari. Beta-karoten juga telah terbukti melindungi dari degenerasi makula dan katarak pikun. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang paling banyak mengkonsumsi beta karoten memiliki risiko degenerasi makula 40 persen lebih rendah daripada mereka yang mengkonsumsi sedikit.

2.Pencegahan Kanker

Studi telah menunjukkan wortel mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Periset baru saja menemukan falcarinol dan falcarindiol yang mereka rasakan menyebabkan sifat antikanker. Falcarinol adalah pestisida alami yang diproduksi oleh wortel yang melindungi akarnya dari penyakit jamur. Wortel adalah satu-satunya sumber umum senyawa ini. Sebuah penelitian menunjukkan 1/3 menurunkan risiko kanker dengan memakan makan wortel.

3.Anti penuaan

Tingginya kadar beta karoten berperan sebagai antioksidan terhadap kerusakan sel yang dilakukan tubuh melalui metabolisme biasa. Ini membantu memperlambat penuaan sel.

4.Kesehatan Glowing Skin

Vitamin A dan antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kekurangan vitamin A menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut dan kuku. Vitamin mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda, warna kulit yang tidak rata.

5.Antiseptik yang Kuat

Diketahui oleh dukun untuk mencegah infeksi. Mereka bisa digunakan pada potongan parut mentah atau direbus dan dihaluskan.

6.Kulit yang cantik

Wortel digunakan sebagai topeng wajah yang murah dan sangat nyaman. Campur wortel parut dengan sedikit madu. Lihat resep lengkap di masker wortel.

7.Mencegah Penyakit Jantung

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Wortel tidak hanya mengandung beta karoten tapi juga alfa-karoten dan lutein. Konsumsi wortel secara teratur juga mengurangi kadar kolesterol karena serat larut dalam wortel mengikat dengan asam empedu.

8.Membersihkan Tubuh

Vitamin A membantu hati dalam membuang racun dari tubuh. Ini mengurangi empedu dan lemak di hati. Serat yang ada pada wortel membantu membersihkan usus besar dan mempercepat pergerakan buangan.

9.Sehat Gigi dan Gusi

Ini semua dalam krisis! Wortel membersihkan gigi dan mulut Anda. Mereka mengikis partikel plak dan makanan seperti sikat gigi atau pasta gigi. Wortel merangsang gusi dan memicu banyak air liur, yang menjadi basa, menyeimbangkan pembentukan asam, bakteri pembentuk rongga. Mineral dalam wortel mencegah kerusakan gigi.

10.Mencegah Stroke

Dari semua manfaat di atas, tidak mengherankan jika sebuah studi di Universitas Harvard, orang-orang yang makan lebih dari enam wortel dalam seminggu cenderung mengalami stroke dibandingkan mereka yang hanya makan satu wortel sebulan atau lebih.

Tips memilih dan menyimpan wortel

1.Wortel segar selalu tersedia di pasar sepanjang musim. Pilihlah kualitas wortel yang masih muda, lembut, dengan konsistensi warna yang cerah. Hindari memilih wortel yang sudah lunak atau lembek, dengan goresan atau luka. Selain itu, hindari wortel yang berukuran sangat besar, karena mengindikaskan kadaluarsa dan kualitas yang buruk.

2.Cuci wortel secara menyeluruh dengan air dingin untuk menghilangkan debu, tanah, atau sisa insektisida dan fungisida. Umumnya wortel tetap baik selama 1-2 minggu jika disimpan dalam komparten sayuran dalam kulkas. Atur tingkat suhu kulkas di bawah 35 derajat F dan kelembaban yang tinggi untuk menjaga kesegarannya.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai manfaat wortel bagi kesehatan,semoga bermanfaat dan menjadi informasi yang baik sekian dari saya sampai jumpa di postingan berikutnya.

sampai jumpa sampai bertemu di postingan berikutnya
  • 13 manfaat buah manggis bagi kesehatan
  • 11 manfaat tomat bagi kesehatan
  • 0 komentar:

    Posting Komentar