Senin, 28 Agustus 2017

11 MANFAAT TOMAT BAGI KESEHATAN

selamat datang selamat membaca

Tomat bisa dikatakan sebagai jenis buah-buahan, namun dalam penggunaanya paling sering adalah sebagai sayuran. Rasanya yang asam seringkali dianggap menambah kelezatan banyak jenis masakan. Sebagai buah, tomat masak juga lezat dikonsumsi mentah; dan ada yang menarik, yaitu tomat cukup enak untuk dibuat minuman buah atau jus. Lalu apa manfaat tomat bagi kesehatan, termasuk dilihat dari kandungan nurrisinya? Tomat diketahui mengandung sejenis antioksidan kuat yang disebut Lycopene dalam jumlah banyak, yaitu zat yang membuat warna merah pada buah ini. Bukan hanya itu, buah tomat juga telah terbukti mengandung suatu senyawa yang disebut sebagai asam alfa lipoic, yang bermanfaat membantu mengontrol glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada pasien diabetes, bahkan bisa membantu kelestarian otak dan jaringan saraf!. Senyawa nutrisi yang juga ditemukan dalam tomat termasuk kolin, merupakan nutrisi penting yang membantu tidur, fungsi gerak otot, belajar, dan fungsi memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impul saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

1.Agen antioksidan

Tomat mengandung sejumlah besar lycopene, antioksidan yang sangat efektif dalam mengais-ngais kanker yang menyebabkan radikal bebas. Manfaat ini bahkan bisa didapat dari produk tomat olahan panas seperti kecap. Likopen dalam tomat bertahan melawan kanker dan terbukti sangat efektif dalam melawan kanker prostat, kanker serviks, kanker perut dan rektum serta faring dan kanker esofagus. Ini juga melindungi dari kanker payudara dan kanker mulut, menurut penelitian yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health.

2.Sumber Kaya Vitamin dan Mineral

Tomat tunggal dapat menyediakan sekitar 40% kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C adalah antioksidan alami yang mencegah radikal bebas penyebab kanker merusak sistem tubuh. Ini juga mengandung banyak vitamin A dan potassium, serta zat besi. Kalium memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan saraf dan zat besi sangat penting untuk menjaga kesehatan darah normal. Vitamin K, yang penting dalam pembekuan darah dan mengendalikan perdarahan, juga melimpah pada tomat.

3.Kurangi Kolesterol dan Lindungi Jantung

Likopen dalam tomat mencegah oksidasi lipid serum, sehingga memberikan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Konsumsi rutin telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Lipid ini adalah penyebab utama penyakit kardiovaskular dan menyebabkan deposisi lemak di pembuluh darah.

4.Pengaruh Rokok Merokok

Dua komponen utama tomat, asam koumarat dan asam klorogenik, melawan nitrosamin yang diproduksi di tubuh dan merupakan karsinogen utama yang ditemukan pada rokok. Kehadiran vitamin A dalam jumlah begitu tinggi juga telah terbukti dapat mengurangi efek karsinogen dan dapat melindungi Anda dari kanker paru-paru.

5.Perbaiki Visi

Vitamin A, hadir dalam tomat, membantu memperbaiki penglihatan, serta mencegah kebutaan malam dan degenerasi makula. Vitamin A adalah antioksidan kuat yang bisa terbentuk dari kelebihan beta karoten dalam tubuh. Banyak masalah penglihatan terjadi karena efek negatif radikal bebas, dan vitamin A merupakan antioksidan yang kuat.

6.Bantuan dalam Pencernaan

Tomat menjaga agar sistem pencernaan tetap sehat dengan mencegah sembelit dan diare. Ini juga mencegah penyakit kuning dan secara efektif menghilangkan racun dari dalam tubuh. Selanjutnya, mereka memiliki sejumlah besar serat, yang bisa mengudap tinja dan mengurangi gejala sembelit. Serangkaian serat yang sehat membantu merangsang gerakan peristaltik dalam otot pencernaan yang halus, dan juga melepaskan cairan lambung dan pencernaan. Hal ini dapat mengatur pergerakan usus Anda, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan dan membantu Anda menghindari kondisi seperti kanker kolorektal.

7.Hipertensi Rendah

Mengkonsumsi tomat setiap hari mengurangi risiko terkena hipertensi, juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi. Ini sebagian disebabkan oleh tingkat potassium yang mengesankan yang ditemukan pada tomat. Kalium adalah vasodilator, yang berarti mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan pada jantung dengan menghilangkan hipertensi.

8.Mengelola Diabetes

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa konsumsi tomat setiap hari mengurangi tekanan oksidatif diabetes tipe 2

9.Perawatan kulit

Tomat membantu menjaga kesehatan gigi, tulang, rambut dan kulit. Aplikasi topikal jus tomat bahkan dikenal bisa menyembuhkan sengatan sinar matahari yang parah. Konsumsi harian melindungi kulit dari eritema akibat sinar UV. Mereka berpangkat tinggi dalam persiapan produk anti penuaan.

10.Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Asupan tomat juga mengurangi kejadian infeksi saluran kemih, serta kanker kandung kemih. Hal ini karena tomat mengandung kadar air tinggi, yang bisa merangsang buang air kecil, jadi sangat diuretik dengan cara tertentu. Hal ini meningkatkan penghapusan racun dari dalam tubuh, serta kelebihan air, garam, asam urat, dan beberapa lemak juga!

11.Mencegah batu empedu

Konsumsi tomat secara teratur juga bisa memberikan kelegaan dari penyakit kandung empedu seperti batu empedu. Ada berbagai penelitian untuk membuktikan khasiat tomat terhadap banyak penyakit kronis dan varietas kanker. Sifat antioksidan tomat juga bisa berasal dari makanan olahan, termasuk tomat yang ditemukan dalam saus tomat dan purees. Konsumsi tomat setiap hari memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian dan memberi efek perlindungan secara keseluruhan pada tubuh.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai manfaat tomat bagi kesehatan,semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekian dari saya sampai jumpa di postingan berikutnya sampai jumpa di postingan berikutnya
  • 10 manfaat wortel bagi kesehatan
  • 13 manfaat buah manggis bagi kesehatan
  • 0 komentar:

    Posting Komentar