Senin, 28 Agustus 2017

13 MANFAAT BUAH MANGGIS BAGI KESEHATAN

selamat datang selamat membaca

Buah manggis merupakan buah yang berwarna merah keunguan ini mempunyai rasa yang sangat enak dan nikmat. Jadi sudah tidak heran lagi jika banyak sekali orang yang menyukai buah ini. Buah manggis mempunyai nama Latin Gracinia Mangostana yang pohonnya merupahan pohon yang hijau alami dan abadi yang biasanya pohon manggis ini bisa tumbuh didaerah yang beriklim tropis. Banyak sekali masyarakat yang percaya bahwa pohon manggis ini berasal dari kepulauan Nusantara yang mempunyai ketinggian pohon sampai 25 meter. Pada saat sudah masak, kulitnya berwarna merah keunguan dan kadang berwarna kecokelatan. Dan untuk daging buahnya berwarna putih serta buah ini sudah banyak orang yang suka.

Namun siapa sangka jika buah manggis ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Biasanya buah ini dijadikan sebagai obat bagi manusia. Dan setelah tahu apa saja manfaat buah manggis ini, maka semakin banyak sekali yang memanfaatkan buah manggis ini untuk kesehatan tubuh

1.Memiliki Anti-kanker

Manfaat kesehatan manggis termasuk sifat anti kanker. Perikarps manggis mengandung xanthone yang menunjukkan efek anti kanker, anti-inflamasi dan anti-bakteri. Xanthones menghambat pertumbuhan sel pada kanker usus manusia dan sesuai penelitian yang dilakukan oleh Akao Y et al. Mereka menunjukkan potensi untuk dikembangkan sebagai agen untuk mencegah kanker atau dapat digunakan dalam kombinasi dengan obat anti-kanker untuk efek menguntungkan.

2.Memiliki Anti-inflamasi

Ini telah digunakan sebagai agen anti-inflamasi sejak bertahun-tahun di negara-negara Asia Tenggara. Studi penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa ekstrak manggis memiliki sifat anti alergi dan anti-inflamasi dan menghambat pelepasan histamin dan prostaglandin yang terkait dengan peradangan pada tubuh manusia.

3.Perawatan kulit

Ini membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Sifat anti-inflamasi, anti bakteri, anti jamur, anti-alergi dan anti-oksidan membantu mengurangi risiko berbagai kondisi seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi dan infeksi bakteri. Studi penelitian telah dilakukan untuk memastikan berbagai manfaat manggis untuk kulit dan salah satu penelitian tersebut menunjukkan bahwa manggis memiliki sifat anti-kanker kulit dan berpotensi menjadi agen kanker anti-kulit.

4.Meningkatkan Imunitas

Hal ini kaya akan berbagai nutrisi, mineral, vitamin dan xanthone yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini melindungi tubuh dari berbagai penyakit kesehatan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

5.Sifat antioksidan

Ini adalah salah satu buah yang diketahui mengandung antioksidan kuat yang berguna bagi sistem kekebalan tubuh dan seluruh tubuh. Antioksidan ini mengandung penguat sel yang disebut sebagai xanthone yang mengandung berbagai khasiat yang memiliki nilai obat. Inilah sebabnya mengapa disebut sebagai buah penyembuhan yang bisa digunakan untuk membalikkan efek penyakit yang berhubungan dengan manusia biasa.

6.Penggunaan Obat-obatan

Manggis dengan sifat anti bakteri dan anti-inflamasinya bermanfaat sebagai minuman obat dan untuk penyembuhan luka secara cepat. Daun dan kulit pohon bisa dicampur dengan ramuan obat lain dan dioleskan pada luka untuk pemulihan lebih cepat. Minuman obat bisa disiapkan dengan merebus daun dan kulit pohon

7.Menyembuhkan Diare dan Disentri

Penggunaan manggis juga bermanfaat dalam gangguan perut. Pericarp manggis dan kulitnya efektif dalam memberikan kelegaan dari gangguan perut seperti diare dan disentri.

8.Mengobati Masalah Menstruasi

Akar manggis juga memberi manfaat kesehatan. Akar manggis membantu dalam mengatur siklus haid pada wanita.

9.Properti Astringent

Kulit pohon dan daun pohon manggis menunjukkan sifat astringent dan bermanfaat dalam menyembuhkan sariawan atau aphtha

10.Efek kardioprotektif

Ini juga bisa membantu dalam mengurangi risiko stroke atau infark miokard. Temuan penelitian menunjukkan efek perlindungan kardio manggis pada sistem pertahanan jaringan antioksidan dan peroksidasi lipid selama stroke

11.Kontrol Diabetes

Diabetes adalah kondisi medis yang juga biasa terjadi pada masyarakat modern. Meskipun dapat diatur dengan menggunakan obat yang diresepkan, ini bisa menjadi risiko kesehatan terutama jika tindakan pencegahan yang memadai tidak dilakukan. Manggis merupakan salah satu obat alami yang efektif dalam mengelola dan menjaga kadar gula dalam tubuh

12.Mempromosikan Berat Badan

Memasukkan manggis dalam makanan mungkin efektif dalam menurunkan berat badan. Berbagai nutrisi yang ditemukan pada manggis juga menjamin kesehatan dan kesejahteraan.

13.Kegunaan lain dari manggis

Terlepas dari berbagai manfaat kesehatan manggis bermanfaat untuk keperluan komersial lainnya. Di Cina digunakan untuk penyamakan kulit dan di Ghana ranting pohon digunakan sebagai kunyah. Kayu ini juga digunakan untuk membuat timbunan beras, pegangan dan juga digunakan dalam membangun furnitur.

Mungkin sampai sini saja mengenai manfaat buah manggis nya ya kawan semoga bermanfaat dan semoga menjadi informasi yang berguna sekian dari saya sampai jumpa di posting yang berikutnya

  • 10 manfaat wortel bagi kesehatan
  • 11 manfaat tomat bagi kesehatan
  • sampai.jumpa sampai bertemu di postingan berikutnya

    0 komentar:

    Posting Komentar