Jumat, 08 September 2017

13 MANFAAT BUAH RAMBUTAN BAGI KESEHATAN

selamat datang selamat membaca

Buah rambutan mudah dikenali karena bentuk buahnya yang persis sama seperti namanya, ya buah rambutan memiliki bulu-bulu halus yang terdapat di kulit buahnya dan apabila sudah matang biasanya berwarna merah atau kuning. Selain enak untuk dijadikan santapan di kala sedang santai, manfaat buah rambutan juga ternyata sangat banyak dan berguna untuk kesehatan tubuh kita.

Buah yang termasuk dalam tanaman tropis ini sangat populer, karena mudah ditemui jika musimnya telah tiba. Rambutan bisa dengan mudah tumbuh di hampir setiap daerah yang ada di Indonesia. Hampir semua orang menyukainya, karena banyaknya manfaat buah rambutan.

Buah rambutan memiliki rasa yang unik yakni perpaduan antara rasa manis dan rasa asam. Bagi beberapa masyarakat ada yang menganggap bahwa warna rambutan yang merah menandakan rasa yang manis namun nyatanya tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, selain merah ada juga rambutan yang berwarna merah kekuningan yang rasanya tidak kalah manis.

Buah yang lebih nikmat jika dikonsumsi secara langsung ini memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan buah tropis lainnya. Bahkan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kandungan dan manfaat buah rambutan setara dengan buah apel dan jeruk.

1.Pengobatan Penyakit yang Berbeda

Buah ini digunakan sebagai obat tradisional di Malaysia dan Indonesia sejak ratusan tahun. Ini digunakan dalam sejumlah perawatan yang meliputi diabetes, hipertensi, dan berbagai penyakit lainnya.

2.Meningkatkan Energi

Kandungan karbohidrat dan protein rambutan membantu meningkatkan energi dan mencegah kembung. Rambutan juga kaya akan air, yang membantu mendapatkan kembali energi yang hilang dan memuaskan dahaga.

3.Penyerapan Mikro Nutrisi

Vitamin C di rambutan membantu penyerapan mineral, zat besi dan tembaga. Ini juga melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

4.Menghilangkan Radikal Bebas

Salah satu senyawa utama rambutan adalah asam gali. Senyawa ini berperilaku seperti pemulung radikal bebas yang melindungi tubuh kita dari kerusakan oksidatif dan sangat membantu untuk melawan kanker

5.Generasi Sel Darah Merah Putih

Buah ini mengandung sejumlah tembaga dalam jumlah sedang yang diperlukan untuk pembentukan sel darah putih dan merah. Ini juga mengandung mangan yang dibutuhkan tubuh kita untuk memproduksi dan mengaktifkan enzim.

6.Menghilangkan Limbah dari Ginjal

Fosfor di rambutan membantu membuang limbah di ginjal dan sangat penting untuk pengembangan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan dan sel tubuh. Rambutan juga mengandung sejumlah kalsium yang bekerja sama dengan fosfor untuk memperkuat gigi dan menguatkan tulang.

7.Sumber Besi

sumber zat besi yang sangat baik yang membantu memperbaiki jumlah oksigen dalam tubuh dan mengendalikan pusing dan kelelahan karena anemia, penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

8.Tinggi serat

Rambutan memiliki kandungan serat yang baik dan rendah kalori. Buah membuat kita kenyang untuk waktu yang lama karena kandungan serat dan airnya yang tinggi dan mengendalikan rasa lapar yang tidak teratur. Ini juga membantu dalam pengurangan berat badan.

9.Mengobati Penyakit Umum

Rambutan juga bagus untuk mengobati penyakit umum seperti sakit kepala, sariawan dan disentri. Untuk sakit kepala, daunnya dijadikan tapal di pelipis. Ini menenangkan saraf dan mengurangi sakit kepala. Rebusan kulit kayu dioleskan pada lidah untuk mengobati sariawan. Rebusan akar digunakan untuk menurunkan demam.

10.Antiseptik Properti

Manfaat kesehatan rambutan lainnya adalah kualitas antiseptiknya. Ini membantu dalam melawan berbagai infeksi yang menyerang tubuh kita

11.Membunuh parasit

Selain manfaat gizi, rambutan juga menawarkan fungsi terapeutik. Mengkonsumsi buah bisa membantu dalam membunuh parasit usus dan menghilangkan gejala diare dan demam.

12.Menghidrasi Kulit

Rambutan membuat kulit Anda lembut dan kenyal. Kandungan airnya yang tinggi menghidrasi kulit Anda, sehingga membuatnya lembut, halus dan kenyal. Karena kemampuannya untuk mengais radikal bebas, rambutan melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif. Antioksidan kuat hadir dalam pertempuran rambutan kanker dengan cara yang efektif.

13.Basic Hair Care

Rambutan memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan rambut Anda. Pasta daun Rambutan menyehatkan rambut Anda dari jauh. Ambil beberapa daun rambutan dan tumbuk sampai pasta menjadi halus. Tambahkan sedikit air dan peras ekstraknya. Oleskan campuran ke rambut dan kulit kepala Anda. Terapkan secara teratur untuk hasil terbaik.

Mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan mengenai manfaat buah rambutan bagi kesehatan semoga bermanfaat dan menjadi informasi yang berguna,sekian dari saya sampai bertemu di postingan berikutnya

sampai jumpa sampai bertemu di postingan berikutnya
  • Manfaat buah lemon
  • Manfaat ubi jalar bagi kesehatan
  • 0 komentar:

    Posting Komentar