Selasa, 29 Agustus 2017

MANFAAT BUAH BELIMBING BAGI KESEHATAN

selamat datang selamat membaca

Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang banyak terdapat di kawasan daerah tropis, buah satu ini hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan rasanya yang menyegarkan, buah belimbing terkadang banyak dimanfaatkan untuk membuat sebuah olahan resep masakan.

Belimbing tidak hanya bermanfaat karena rasanya yang enak saja, tetapi lebih dari itu khasiat buah belimbing bagi kesehatan dan kecantikan sangatlah besar sekali. Sudah banyak sekali penelitian yang mampu membuktikan bahwa khasiat belimbing itu besar sekali.

Sebelum kita bahas apa saja manfaat buah belimbing bagi kesehatan, mari kita urai dahulu nutrisi apa saja nutrisi yang terdapat didalam belimbing. Dalam 100 gr belimbing segar terdapat vitamin A sebesar 170 SI, vitamin B1 0,03 mg, Vitamin C 35 mg, zat besi 1,1, mg, fosfor 12 mg, kalsium 4 mg, karbohidrat 8,8 gr, protein 0,4 gr, lemak 0,4 gr dan kalori 36 kal.

1.Buah belimbing bisa membantu seseorang menurunkan berat badan

Kandungan serat dan air yang tinggi, kalori rendah, dan komposisi karbohidrat yang signifikan menjadikan belimbing ideal untuk membantu orang menurunkan berat badan. Mereka akan mengisi Anda dan membuat Anda tetap sehat, yang akan mengurangi keinginan Anda untuk makan berlebihan.

2.Buah belimbing membantu menunjang sistem pencernaan

Buah belimbing memiliki cukup banyak serat. Serat merangsang gerakan peristaltik dan peningkatan sekresi cairan lambung, yang memudahkan pencernaan, mencegah kondisi seperti sembelit, dan melindungi tubuh dari kondisi yang lebih serius seperti kanker kolorektal. Serat juga bisa mengikis kolesterol dari arteri dan pembuluh darah. Satu cangkir belimbing mengandung 4 gram serat makanan.

3.Buah belimbing mungkin tidak memacu gula darah Anda dibandingkan dengan makanan lain.

Indeks glikemik (GI) memberi peringkat makanan dan minuman berdasarkan potensi peningkatan gula darah mereka. Makanan yang tinggi pada indeks glikemik (seperti nasi putih dan roti putih) akan mudah rusak dan menyebabkan gula darah dan lonjakan tingkat insulin setelah makan, yang diikuti dengan penurunan kadar gula darah dengan cepat. Buah belimbing lebih lambat diserap ke dalam aliran darah, yang mencegah terjadinya gula, gula mengidam, dan perubahan mood.

4.Buah belimbing bisa membantu menjaga tekanan darah yang sehat.

Buah belimbing sarat dengan potasium dan kandungan sodium yang rendah. Mereka terkenal karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Satu cangkir belimbing mengandung 176 mg milenium potasium, dibandingkan dengan hanya 2,6 miligram natrium. Ini membantu pembuluh darah rileks dan mempertahankan tekanan darah yang tepat.

5.Buah belimbing bisa membantu individu melawan infeksi.

Satu cangkir belimbing berisi 76 persen kebutuhan sehari-hari vitamin C per cangkir. Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air alami yang ampuh yang membantu tubuh mengembangkan ketahanan terhadap agen infeksius dan menghilangkan radikal bebas penyebab kanker di tubuh.

6.Buah belimbing sangat bagus untuk menjaga rambut tetap bersemangat dan terlihat sehat.

Asupan vitamin C yang adekuat tidak hanya memperbaiki sistem kekebalan tubuh, juga bisa membuat dan merawat kolagen, protein penting yang ada pada rambut dan kulit. Selain itu, belimbing mengandung vitamin A untuk menjaga agar rambut tetap lembab melalui produksi sebum yang meningkat.

7.Buah belimbing bisa membantu individu tidur lebih nyenyak.

Starfruit telah dikenal untuk membantu tidur individu dengan kandungan magnesiumnya yang tinggi, yang merupakan mineral yang terkait langsung dengan peningkatan kualitas, durasi, dan ketenangan tidur. Starfruit juga membantu mengatur metabolisme, membantu mengurangi gangguan tidur dan terjadinya insomnia.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai manfaat buah belimbing bagi kesehatan,sekian dari saya sampai jumpa di postingan berikutnya

sampai jumpa sampai bertemu di postingan berikutnya
  • Manfaat buah manggis bagi kesehatan
  • Manfaat buah anggur bagi kesehatan
  • 0 komentar:

    Posting Komentar