Minggu, 27 Agustus 2017

10 MANFAAT BUAH STROBERI BAGI KESEHATAN

selamat datang selamat membaca

strawberry merupakan buah yang banyak dijumpai pada daerah dataran tinggi dan bersuhu dingin. Selain untuk dikonsumsi langsung, buah strawberry juga diproduksi menjadi bahan makanan seperti selai, produk minuman atau pemanis pada kue-kue .Jadi tidak heran kalau buah strawberry sudah dibudidayakan secara luas. Buah strawberry ini juga semakin istimewa dengan keunggulannya yang mampu merawat kecantikan dan bermanfaat bagi kesehatan.

Buah Strawberry dikenal sebagai buah yang paling populer di dunia, hal tersebut dikarenakan buah strawberry memiliki rasa yang lezat dan juga tampilan yang menawan. Buah Strawberry kaya akan berbagai mineral, vitamin, dan antioksidan, yang semuanya mudah diserap oleh tubuh. Strawberry banyak mengandung vitamin A, B, B2, B3, B5, B6, C, beta -karoten, asam folat, kalsium, magnesium, potasium, sodium, seng, dan besi.

Karena kandungan vitamin C dan seng dalam buah strawberry sangat tinggi maka tidak heran jika buah strawberry mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh sekaligus membantu tubuh melawan infeksi seperti pilek dan flu. Buah Strawberry juga dikenal mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti pneumonia, malaria, sembelit, dan diare. Kadar vitamin C yang tinggi dalam buah strawberry dapat membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan dan membantu dalam meningkatkan kadar vitamin dan zat besi dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi buah strawberry dapat mencegah anemia.

Selain itu Strawberry juga membantu menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kolesterol dan menurunkan kadar glukosa. Buah Strawberry juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan berat badan, karena dengan mengkonsumsi buah strawberry akan menekan nafsu makan Anda yang itu artinya akan membantu penurunan berat badan.

1.Stroberi meningkatkan kekebalan tubuh

Stroberi adalah sumber vitamin C yang sangat baik, "kata ahli diet terdaftar Qatar berbasis Madeleine Edwards. Kebanyakan mamalia - kecuali manusia - memiliki kemampuan untuk memproduksi vitamin C secara alami, oleh karena itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. "Satu porsi stroberi mengandung 51,5 mg vitamin C-sekitar setengah dari kebutuhan harian Anda," kata Edwards. "Ganda sajikan satu cangkir dan dapatkan 100 persen." Vitamin C adalah pendorong imunitas yang terkenal, sekaligus antioksidan yang kuat dan cepat bekerja. Sebuah studi UCLA 2010 menemukan bahwa daya antioksidan pada stroberi menjadi "bioavailable" atau "siap bekerja dalam darah" setelah memakan buah hanya dalam beberapa minggu.

2.Stroberi mempromosikan kesehatan mata

Sifat antioksidan pada stroberi juga dapat membantu mencegah katarak - lipatan lensa mata - yang dapat menyebabkan kebutaan di usia tua. Mata kita membutuhkan vitamin C untuk melindungi mereka dari paparan radikal bebas dari sinar UV matahari yang keras, yang dapat merusak protein di lensa. Vitamin C juga berperan penting dalam menguatkan kornea mata dan retina. Sementara vitamin C dosis tinggi telah ditemukan untuk meningkatkan risiko katarak pada wanita berusia di atas 65 tahun, periset dari Institut Karolinska di Stockholm mencatat bahwa risikonya berkaitan dengan vitamin C yang diperoleh dari suplemen, bukan vitamin C dari buah dan sayuran.

3.Stroberi membantu melawan kanker

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang bisa membantu pencegahan kanker, karena sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah pertahanan tubuh yang terbaik. Fitokimia yang disebut asam ellagic-juga ditemukan pada stroberi-ada pula yang lain. "Asam Ellagic telah terbukti menghasilkan sifat anti-kanker seperti menekan pertumbuhan sel kanker," kata Edwards. "Stroberi juga mengandung antioksidan lutein dan zeathancin. Antioksidan adalah pemulung untuk radikal bebas dan menetralisir efek negatif yang dapat mereka dapatkan pada sel kita

4.Stroberi membuat keriput memudar

Kekuatan vitamin C pada stroberi terus berlanjut, karena sangat penting bagi produksi kolagen, yang membantu meningkatkan elastisitas dan ketahanan kulit. Karena kita kehilangan kolagen seiring bertambahnya usia, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat menyebabkan kulit tampak lebih sehat dan tampak lebih muda. Tapi vitamin C bukan satu-satunya tempur kerut alami yang ditemukan di stroberi. Periset di Universitas Hallym di Republik Korea menyimpulkan bahwa asam ellagic dapat mencegah kerusakan kolagen dan respon inflamasi - dua faktor utama dalam pengembangan keriput - pada sel kulit manusia, setelah terus terpapar sinar UV-B yang merusak kulit.

5.Stroberi melawan kolesterol jahat

Menurut Heart and Stroke Foundation, penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di kalangan wanita Kanada. Untungnya, stroberi juga mengandung penguat kesehatan jantung yang kuat. "Asam ellagic dan flavonoid - atau fitokimia - dapat memberikan efek antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan berbagai cara," jelas Edwards. "Salah satu cara termasuk menangkal efek low-density lipoprotein, atau LDL-kolesterol jahat dalam darah-yang menyebabkan plak terbentuk di arteri. Cara kedua adalah mereka memberi efek anti-inflamasi, yang juga baik untuk jantung. "Periset di Pusat Analisis Nutrisi Klinis dan Faktor Risiko di Toronto mempelajari efek stroberi pada diet penurun kolesterol dan menyimpulkan bahwa menambahkan stroberi Diet mengurangi kerusakan oksidatif, serta lipid darah-keduanya berperan dalam penyakit jantung dan diabetes.

6.Stroberi mengurangi peradangan

Antioksidan dan fitokimia yang ditemukan pada stroberi juga dapat membantu mengurangi radang sendi, yang dapat menyebabkan artritis dan juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa wanita yang makan 16 atau lebih stroberi per minggu memiliki 14 persen lebih kecil kemungkinannya memiliki peningkatan kadar protein C-reaktif (CRP) - indikasi peradangan di tubuh

7.Stroberi mengatur tekanan darah

Kalium adalah nutrisi jantung sehat lainnya, dan dengan 134 mg per saji, stroberi dianggap sebagai "sumber media", menurut Alberta Health Services. Kalium dapat membantu mengatur tekanan darah dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai penyangga terhadap efek negatif natrium. Dengan dampaknya terhadap pengurangan LDL, pembengkakan dan tekanan darah tinggi, stroberi telah mendapatkan sebutan salah satu buah yang paling sehat dan sehat yang dapat Anda makan.

8.Stroberi meningkatkan serat

Serat merupakan kebutuhan pencernaan yang sehat, dan stroberi secara alami mengandung sekitar 2 g per porsi. Masalah yang bisa timbul dari kekurangan serat meliputi konstipasi dan divertikulitis-radang usus - yang menyerang sekitar 50 persen orang berusia di atas 60. Serat juga dapat membantu melawan diabetes tipe 2. "Serat membantu memperlambat penyerapan gula (yaitu glukosa) dalam darah," kata Edwards. "Akibatnya, orang dewasa yang mengelola diabetes dapat menikmati stroberi - secukupnya - dalam makanan mereka

9.Bantuan stroberi dalam manajemen berat badan

Mempertahankan berat badan yang sehat adalah salah satu pertahanan terbaik melawan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, belum lagi hanya bagus untuk keseluruhan kesehatan Anda. "Stroberi secara alami rendah kalori (sekitar 28 kCal per porsi), bebas lemak dan rendah sodium dan gula," kata Edwards. "Stroberi mengandung gula alami - meskipun gula total cukup rendah dengan 4 gram per saji - dan kandungan karbohidrat total setara dengan kurang dari setengah irisan roti. Triple melayani Anda sampai 1,5 cangkir dan Anda akan memiliki makanan ringan yang kurang dari 100 kalori - dan jauh lebih sehat daripada makanan ringan berkalori 100 kalori sebelumnya!

10.Stroberi mempromosikan kesehatan pra-kelahiran

Folat adalah vitamin B yang direkomendasikan untuk wanita yang sedang hamil atau mencoba untuk hamil, dan stroberi adalah sumber yang baik dengan 21 mcg per sajian. Folat diperlukan pada tahap awal kehamilan untuk membantu perkembangan otak bayi, tengkorak dan sumsum tulang belakang, dan asam folat pada stroberi dapat membantu mencegah cacat lahir tertentu, seperti spina bifida.

Mungkin sampai sini saja mengenai manfaat buah stroberi semoga bermanfaat dan menjadi informasi yang baik,sampai jumpa sampai bertemu di postingan berikutnya

sampai jumpa sampai bertemu di postingan berikutnya

1 komentar: