Kamis, 31 Agustus 2017

MANFAAT SINGKONG BAGI KESEHATAN

selamat datang selamat membaca

Singkong merupakan tanaman asli Brazil dan Paraguay, merupakan makanan pokok yang ada di Indonesia dan Thailand, serta beberapa bagian di Afrika. Akarnya berfungsi sebagai sumber yang pati yang sangat baik. Singkong menyediakan energi yang dibutuhkan sebagai bahan bakar, sebagai gaya hidup aktif. Menambahkan singkong dalam makanan sehari-hari, dapa menawarkan manfaat kesehatan karena kandungan vitamin, mineral dan serat. tetapi singkong hanya di konsumsi setelah dimasak untuk menghindari paparan racun. Berikut ini beberapa kandungan sehat pada singkong

Serat

Singkong sarat akan karbohidrat, termasuk serat makanan yang sangat bermanfaat. Mengkonsumsi serat terkait dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol, kadar gula darah dan resiko yang lebih rendah dari obesitas. Setiap satu cangkir singkong meningkatkan asupan serat hingga 3,7 gram. Hal ini memberikan kontribusi sekitar 10 persen terhadap asupan serat yang disarankan untuk pria dan 14 persen terhadap asupan serat yang disarankan untuk wanita oleh Institute of Medicine.

Magnesium dan tembaga

Singkong juga membantu tubuh untuk mengkonsumsi lebih banyak magnesium dan tembaga. Diet yang kaya magnesium dapat meningkatkan kesehatan seumur hidup, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko osteoporosis, sedangkan diet yang kaya tembaga memberi dukungan terhadap fungsi syaraf yang sehat. Secangkir singkong mengandung 206 mikrogram tembaga, atau 23 persen dari kebutuhan tembaga setiap hari yang ditentukan oleh Institute of Medicine. Singkong juga meningkatkan asupan mangan dengan 0,8 miligram per porsi, yakni lebih dari sepertiga kebutuhan harian untuk pria dan 44 persen untuk perempuan.

Vitamin C dan folat

Vitamin C dan folat yang berlimpah di dalam singkong juga menawarkan manfaat kesehatan. Setiap cangkir singkong mengandung 56 mikrogram folat, atau 14 persen dari kebutuhan folat harian, serta 42 miligram vitamin E. Jumlah ini memberikan kontribusi 56 dan 47 persen terhadap asupan vitamin C harian yang direkomendasikan bagi perempuan dan laki-laki, yang ditetapkan oleh Institute of Medicine.

Termasuk kandungan folat dalam diet akan melindungi terhadap kanker usus besar dan mengurangi resiko komplikasi selama kehamilan. Vitamin C menawarkan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.

1.Kesehatan Pencernaan

Singkong adalah pati tahan pencernaan yang berarti secara harfiah menahan pencernaan. Kutu tahan dianggap sebagai jenis pati yang paling bermanfaat karena mereka memberi makan bakteri baik di usus.Kebanyakan pati terurai dan terserap sebagai glukosa tapi pati tahan seperti perjalanan singkong tanpa hambatan melalui usus ke usus besar. Mereka kemudian diubah menjadi asam lemak yang menguntungkan oleh bakteri usus di mana mereka membantu memerangi peradangan dan meningkatkan energi Anda.Asam lemak rantai pendek seperti butirat ini diketahui membantu mengobati beberapa kondisi termasuk IBS dan kolitis. Kandungan serat singkong juga berkontribusi terhadap sistem pencernaan yang sehat dan dapat membantu mengatasi sembelit, kembung dan gangguan pencernaan.

2.Untuk kesehatan jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa singkong dapat membantu mengurangi kadar kolesterol pada orang yang mengkonsumsinya. Satu studi yang diterbitkan pada tahun 2013 menemukan bahwa singkong dan ubi jalar membantu menurunkan kolesterol pada orang dengan tingkat tinggi.efek ini diyakini sebagai hasil kandungan serat tinggi dari sayuran. Saponin yang ditemukan di singkong juga membantu mengurangi kolesterol dengan mengikat kolesterol tidak sehat dan mencegah penyerapannya ke dalam usus kecil. Serta mengurangi kadar kolesterol Anda yang memiliki efek sangat bermanfaat pada jantung dan kesehatan secara keseluruhan, singkong merupakan sumber potasium yang baik. Kalium diketahui membantu mengatur detak jantung dan menjaga tekanan darah terkendali.

3.Membuat Tulang Sehat

Kalsium yang ditemukan di singkong sangat penting untuk memastikan tulang sehat dan kuat serta gigi. Orang dengan kekurangan kalsium lebih berisiko mengembangkan tulang dan kondisi rapuh seperti osteoporosis yang meningkatkan risiko patah tulang dan secara serius menghambat mobilitas.Serta kalsium yang terkandung dalam sayuran, daun yang dapat dimakan mengandung vitamin K juga dapat memainkan peran penting dalam tulang sehat.

4.Tingkat Gula Darah

Manfaat lain dari serat yang ada di singkong adalah memperlambat laju gula diserap ke dalam darah. Singkong juga memiliki indeks glikemik rendah 44 yang berarti sangat cocok untuk penderita diabetes.

5.Sifat antioksidan

Singkong mengandung beberapa antioksidan yang menguntungkan termasuk saponin, beta karoten dan vitamin C. Antioksidan ini sangat berharga dalam hal kemampuan mereka untuk memerangi kerusakan sel dan melindungi terhadap penyakit. Studi bahkan menunjukkan bahwa saponin di singkong dapat membantu mencegah kanker.

6.Pengendalian berat

Meski begitu tinggi karbohidrat, singkong bisa membantu orang mengendalikan berat badannya atau bahkan menumpahkan beberapa kilogram sebagai bagian dari rencana diet sehat. Karena singkong adalah sumber serat makanan yang hebat, ini bisa membantu Anda merasa lebih kenyang sepanjang hari dan kecil kemungkinannya untuk makan makanan di antara waktu makan. Dalam jangka panjang, ini bisa menghasilkan lingkar pinggang yang lebih kecil namun jangan berharap perbaikan cepat

7.Untuk kulit

Beberapa orang menggunakan singkong untuk membuat pasta pengelupasan alami pada kulitnya. Jika Anda menemukan diri Anda dengan kulit yang biasanya Anda buang, pertimbangkan untuk menggunakannya untuk membuat pasta yang kemudian bisa Anda gosok ke wajah Anda beberapa kali dalam seminggu. Akar ubi kayu juga bisa dikombinasikan dengan minyak zaitun dan madu untuk membuat masker wajah alami hydrating.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai manfaat singkong bagi kesehatan, semoga bermanfaat dan menjadi informasi yang baik.sekian dari saya sampai jumpa sampai bertemu di pos ringan berikutnya

sekian dari saya sampai jumpa di postingan berikutnya
  • Manfaat buah nangka bagi kesehatan
  • Manfaat buah kurma bagi kesehatan
  • 0 komentar:

    Posting Komentar