Minggu, 03 September 2017

MANFAAT TERONG BAGI KESEHATAN

selamat datang selamat membaca

Terong ungu merupakan jenis sayuran yang sangat banyak dijual dipasar, tidak bisa dipungkiri bahwa jenis sayuran yang satu ini begitu banyak peminatnya. Dalam postingan kali ini saya akan berbagi infomasi seputar manfaat yang terkandung pada terong.

Begitu banyaknya jenis terong yang dijual dipasaran, tidak hanya terong ungu, ada terong belanda, terong bulat, terong hijau, dan terong-terong lainnya. Harga terong ungu dipasaran juga termasuk terjangkau atau bisa dibilang murah dengan banyak kandungan manfaat dan khasiat yang ada di dalam terong tersebut.

Dengan kenikmatan nya, terong ungu tersebut dapat dimasak dengan berbagai jenis masakan ala rumahan, contohnya tumis terong, sayur asem, terong kentuki, terong goring, terong rica-rica, dan masih banyak lagi masakan yang dapat menjadikan terong ungu sebagai bahan dasar masakan rumahan anda, bagi ibu-ibu sudah pasti tahu mau dimasak apa terong ungu untuk disajikan kepada keluarga tercinta.

Nutrisi terong

Dibalik manfaatnya yang luar biasa, terong mengandung berbagai nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Terong mengandung serat, vitamin A, B, C, E dan vitamin K, serta triptophan dan folat. Beberapa mineral seperti tembaga, kalsium, magnesium, mangan, fosfor dan kalium juga bisa kita temukan pada sayuran ini. Senyawa-senyawa tersebut sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh meski dalam jumlah yang sedikit.

Selain vitamin dan mineral, terong juga mengandung senyawa nasunin, yaitu senyawa antioksidan yang ditemukan pada kulit terong. Untuk vitamin B sendiri lebih spesifik lagi yaitu vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B3 (niacin). Vitamin tersebut larut dalam air, dan memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

1.Jantung Sehat

Dikemas penuh serat, vitamin B1, B3, B6, C, K, dan fitonutrien, terong adalah penyelamat kardiovaskular. Secara teratur menelan tanaman yang mengandung flavonoid sangat penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama kematian di Amerika.

2.Memerangi Kanker

Polifenol dalam sayuran ini, seperti delphinidin, melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, mencegah perkembangan tumor, dan menghentikan penyebaran sel kanker. Senyawa lain seperti anthocyanin dan chlorogenic acid memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang kuat pada tubuh. Asam klorogenik juga bisa menginspirasi enzim pembersih di dalam sel, yang mendorong sel kanker

3.Menurunkan 'Bad' Kolesterol

Baking terung pada suhu 400 derajat dapat menghasilkan sisi beraroma dan gizi dari telur taman ungu ini. Ini memiliki kekuatan untuk mengurangi jumlah kolesterol 'buruk' di tubuh Anda. Namun, menggorengnya malah tidak akan memiliki kelebihan, karena akan menyerap lemak dari minyak goreng.

4.Meningkatkan Fungsi Otak

Fitonutrien dalam terong, karena beberapa mengacu pada sayuran ini, telah dikenal untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan bermanfaat bagi keseluruhan kesehatan mental. Dengan melawan radikal bebas, zat ini melindungi otak dari penyakit dan toksin, dan juga meningkatkan aliran darah ke seluruh otak. Aliran darah lebih banyak mengangkut jumlah oksigen yang lebih tinggi ke noggin Anda, yang meningkatkan memori dan pemikiran analitik.

5.Darah yang lebih baik

Dengan kadar vitamin K yang tinggi bersamaan dengan bioflavonoid, mengkonsumsi terong secara teratur dapat mencegah pembekuan darah dan memperkuat pembuluh darah.

6.Pencernaan Dinamis

Mengandung sedikit lemak atau kolesterol, sayuran berserat dan mengisi ini sangat membantu dalam menjaga sistem pencernaan yang sehat. Serat memungkinkan tubuh untuk dengan mudah memproses makanan dan mendukung penyerapan nutrisi dengan menghasilkan cairan lambung di dalam perut.

7.Membantu Anemia

Mereka yang menderita kekurangan zat besi mungkin bisa melawan beberapa gejala yang melemahkan dengan memasukkan terong dalam makanan mereka. Daging buah tanaman ungu ini memiliki banyak mineral penting, termasuk zat besi dan tembaga, yang membantu meningkatkan kesehatan sel darah merah di dalam aliran darah Anda. Mengkonsumsi makanan dengan senyawa ini dapat secara signifikan meningkatkan energi dan kekuatan, dan menghilangkan rasa kelelahan atau kekhawatiran.

8.Mengatur Diabetes

Dengan serat tinggi dan karbohidrat larut rendah, terong sangat ideal untuk dimasukkan dalam makanan jika Anda menonton kadar glukosa darah dan insulin.

9.Kehamilan Sejahtera

Asam folat sangat penting jika Anda mengharapkannya, karena melindungi bayi dari cacat di dalam tabung saraf. Folat penting untuk nutrisi setiap orang, namun sebaiknya ditingkatkan jika Anda membawa bayi untuk melindungi perkembangan otak mereka juga.

10.Manfaat untuk Tulang

Tanaman yang kuat ini menghasilkan sejumlah besar tembaga dan vitamin K, bersama dengan fenol, yang juga membantu mencegah osteoporosis, meningkatkan kepadatan mineral tulang, kekuatan, dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Hal ini karena tembaga mempertahankan pembentukan kolagen jaringan ikat dan tulang. Mitos tanaman nightshade seperti terong, tomat, kentang, dan paprika yang memicu osteoporosis telah rusak! Asam oksalat yang hadir dalam makanan ini memang menghambat penyerapan kalsium, namun hanya jika dikonsumsi setiap hari dalam jumlah tinggi. Jangan khawatir; Anda bisa menangkal hal ini dengan memasangkannya dengan makanan lain yang tinggi kalsium seperti keju

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai manfaat terong bagi kesehatan semoga bermanfaat dan menjadi informasi yang berguna,sekian dari saya sampai jumpa sampai bertemu di postingan berikutnya

sampai jumpa sampai bertemu di pos ringan berikutnya
  • manfaat buah sawo bagi kesehatan
  • manfaat buah labu bagi kesehatan
  • 0 komentar:

    Posting Komentar