Minggu, 10 September 2017

10 MANFAAT TELUR BAGI KESEHATAN

selamat datang selamat membaca

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang bukan hanya menjadi makanan kesukaan penduduk negara kita melainkan seluruh penduduk dunia juga menggemarinya. Telur dapat dimasak sesuai dengan selera mulai dari dengan cara direbus, digoreng atau bahkan dibuat telur sambal balado. Beragam makanan dari telur tersebut memiliki rasa yang enak dan yang pasti mampu membuat banyak orang ketagihan. Bagi beberapa orang termasuk di dalamnya adalah para binaragawan, banyak dari mereka yang gemar mengonsumsi telur secara langsung tanpa terlebih dahulu mengolahnya.Dibandingkan dengan jenis makanan yang lain, terutama dalam hal nutrisi, telur disebut sebagai super food atau makanan super. Telur memiliki beragam manfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak sekali nutrisi dimana salah satunya adalah sebagai sumber protein sehingga bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak, pembentukan otot serta beragam manfaat yang lain.

Dalam mengonsumsi telur sebaiknya anda tidak memilih-milihnya karena entah bagian kuning telur atau putih telur, keduanya memiliki banyak kandungan yang nyatanya memiliki manfaat masing- masing bagi kesehatan. Terutama pada bagian putih telurnya, putih telur memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi tidak hanya baik untuk kesehatan melainkan juga dapat digunakan untuk menunjang kecantikan. Putih telur dapat dijadikan sebagai masker untuk wajah yang berperan sebagai pengencang sekaligus membuat wajah menjadi tampak lebih cerah


1.Telur membantu meningkatkan performa

Telur memiliki indeks kenyang tinggi, artinya mereka membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Satu telur besar memasok 6g protein berkualitas tinggi dan berbagai macam nutrisi penting, kecuali vitamin C. Inilah sebabnya, membuat roti buah atau jus jeruk dengan sel telur dan roti gandum utuh / rendah memberikan sarapan yang sempurna untuk Anda. Berkinerja baik di lingkungan yang penuh tantangan.

2.Telur dapat membantu mengatasi masalah

Banyak orang dengan kekurangan zat besi ringan mengalami gejala kelelahan, sakit kepala dan mudah tersinggung. Besi adalah pembawa oksigen dalam darah dan berperan penting dalam kekebalan tubuh, metabolisme energi dan banyak fungsi lainnya di dalam tubuh. Besi dalam kuning telur adalah dalam bentuk besi heme, bentuk zat besi yang paling mudah diserap dan bermanfaat dalam makanan dan lebih mudah diserap daripada bentuk zat besi dalam kebanyakan suplemen.

3.Telur meningkatkan kecukupan gizi makanan

Kepadatan nutrisi telur membuat mereka menjadi penyumbang makanan bergizi yang berharga. Sebuah penelitian di antara konsumen telur dan non-telur mengungkapkan bahwa diet konsumen non-telur lebih cenderung gagal vitamin A, E dan B12. Telur menyumbang 10-20% folat dan 20-30% vitamin A, E dan B12 di antara konsumen telur. Studi ini menunjukkan peran penting yang dapat dimainkan makanan dalam memastikan kecukupan gizi.

4.Telur tidak meningkatkan kolesterol darah

Pada 1990-an, telur mendapat banyak publisitas buruk karena kandungan kolesterolnya 210mg per kuning telur. Sejumlah penelitian telah menunjukkan dengan jelas adanya hubungan antara asupan telur dan penyakit jantung koroner Untuk memasukkan segala sesuatu ke dalam perspektif, penting untuk disadari bahwa makanan yang mengandung lemak tinggi, terutama asam lemak jenuh dan trans memiliki dampak yang jauh lebih besar pada kesehatan jantung daripada kolesterol dalam makanan. Telur harus diakui sebagai sumber protein yang murah, serbaguna dan mudah dicerna

5.Telur dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

Telur dengan roti panggang memiliki indeks kenyang 50% lebih tinggi. Beberapa penelitian telah dilaporkan pada hari ulang tahun dengan isi telur peningkatan kenyang pada orang dengan kelebihan berat badan dan dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam satu studi di mana sarapan bagel, keju krim dan yoghurt dibandingkan dengan sarapan dua telur, roti panggang dan selai (jumlah kilojoule yang sama), kelompok yang terakhir tinggal lebih lama dan mengurangi asupan kilojoule mereka saat makan siang sebesar 29%. Pada 315kJ per telur besar, telur benar-benar beberapa kilojoule untuk semua nutrisi yang mereka menuhi. Ketika bekerja sama dengan biji-bijian (contoh roti gandum utuh) dan buah atau sayuran mereka adalah makanan yang lengkap, mudah didapat, mudah disiapkan dan murah, buatnya alat yang berguna untuk program penurunan berat badan.

6.Telur membantu meningkatkan kesehatan otak

Kolin adalah nutrisi yang memfasilitasi perkembangan otak pada janin dan bayi baru lahir serta fungsi memori bahkan sampai usia tua. Telur adalah sumber makanan kolin yang sangat baik, dan satu telur per hari akan memberi 28% kebutuhan kolin wanita hamil. Kolin sangat penting selama kehamilan dan menyusui saat cadangan bisa habis. Pada saat bersamaan, ini adalah periode kritis untuk pengembangan otak janin dan peningkatan memori seumur hidup. Dalam percobaan dengan tikus, fungsi memori pada tikus tua sebagian ditentukan oleh apa yang dimakan ibunya. Ibu, pesannya jelas - buat investasi seumur hidup dan makan telur Anda

7.Telur membantu mencegah katarak dan melindungi penglihatan mata.

Asupan telur, bayam dan brokoli yang baik dikaitkan dengan penurunan katarak yang signifikan (sampai penurunan 20%) dan lensa yang berhubungan dengan usia dan degenerasi retina, penyebab utama kebutaan pada orang tua (sampai penurunan 40% ). Telur merupakan sumber yang baik dari antioksidan lutein dan zeaxanthine, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Ini terakumulasi di mata di mana nutrisi ini melindungi terhadap beberapa jenis gelombang cahaya berenergi tinggi dan berbahaya. Mendapatkan cukup lutein dan zeaxanthine sangat penting sejak kecil dan seterusnya sepanjang siklus hidup.


8.Telur menyediakan protein dengan kualitas terbaik.

Protein adalah salah satu unsur terpenting dalam makanan kita. Tubuh kita menggunakan protein untuk membangun jaringan baru dan memperbaiki jaringan lama. Telur adalah juara dalam menyediakan protein berkualitas tinggi. Asam amino adalah blok protein. Sembilan dari asam amino ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus berasal dari makanan. Makanan protein lengkap mengandung cukup banyak dari sembilan asam amino esensial ini untuk mendorong pertumbuhan dan menjaga jaringan tubuh. Protein telur, susu dan daging (termasuk unggas dan ikan) adalah protein lengkap, namun protein telur memiliki kualitas terbaik, dengan nilai 100. Dibandingkan dengan telur, susu diberi nilai 93 dan ikan dan daging sapi di 75 ekor. Satu telur memiliki kandungan protein yang hampir sama dengan 30g daging yang dimasak, ikan atau unggas. Dan selain menjadi sumber protein paling serbaguna dan terbaik dalam makanan kita, ini juga yang paling murah harganya.

9.Telur dapat membantu melindungi tulang kita

Telur adalah salah satu dari sedikit sumber makanan alami vitamin D, vitamin sinar matahari kita. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan untuk menjaga kesehatan tulang yang optimal. Telur karena nya berperan penting dalam pencegahan osteoporosis bersama dengan produk susu, sumber utama kalsium kita

10.Telur mempromosikan rambut dan kuku yang sehat.

Rambut dan kuku mencerminkan banyak ketidakseimbangan biokimia dan kekurangan dalam tubuh. Telur dapat membantu mempromosikan rambut dan kuku yang sehat karena kandungan asam amino belerang yang tinggi dan beragam vitamin dan mineral. Banyak orang melaporkan pertumbuhan rambut yang lebih cepat setelah menambahkan telur ke makanan mereka, terutama jika sebelumnya mereka kekurangan makanan yang mengandung seng, belerang, vitamin B12 dan vitamin A.

Mungkin itu saja penjelasan dari kami mengenai manfaat telur bagi kesehatan, semoga Bermanfaat dan menjadi informasi yang berguna.sekian dari saya sampai jumpa di postingan berikutnya

sampai jumpa sampai bertemu di postingan berikutnya

0 komentar:

Posting Komentar